Cara menyajikan serai untuk obat nyeri sendi

Serai atau Sereh atau sere atau lemongrass adalah salah satu tanaman obat yang banyak manfaatnya, salah satunya untuk mengobati nyeri pinggang, nyeri punggung atau nyeri yang diakibatkan oleh inflamasi/pembengkakan sendi, bahasa umumnya ‘pegel linu’. pernah kan pagi hari susah bangun dari tempat tidur?tangan, kaki, pinggang terasa kaku?

Serai cukup bisa membantu memulihkan tulang dan otot yang kaku karena terlalu banyak pekerjaan fisik yang dilakukan. Selain untuk meredakan sakit persendian, serai juga dapat mengatasi masaah-masalah tubuh lainnya.

Cara menyajikan serai untuk pengobatan sangat mudah, Siapkan 2 batang serai, kupas kulit luarnya, tapi jangan terlalu banyak, cukup bagian yang kotor saja, kemudian geprek bagian pangkalnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang sudah pernah saya lakukan, :

  1. Sajikan serai dengan cara merebus hingga air mendidih, tuang ke dalam gelas, setelah hangat, langsung minum tanpa tambahan apapun
  2. Sajikan serai dalam campuran teh panas, rebus serai dalam air mendidih +/- 5 menit, kemudian tuang ke dalam gelas yang sudah berisi the, akan ebih baik jika tanpa tambahan gula
  3. Sajikan serai bersama dengan madu, caranya rebus serai dalam air mendidih, setelah air rebusan berwarna agak ke-kuningan, angkat dan tuang kedalam gelas, jangan langsung dicampur dengan madu ya, tunggu beberapa saat sampai airnya menjadi hangat.

Cara-cara diatas adalah ketika anda tidak sedang mengkonsumsi pengobatan kimia ya, dan tubuh dalam keadaan normal, hanya masalah sendi saja yang perlu diobati. Dan jangan lupa berdoa sebelum minum.

Waktu terbaik minum rebusan serai adalah pada waktu pagi hari (antara jam 7 sampai 9 pagi) sebelum anda mengkonsumsi apapun atau setelah minum air putih. Bisa juga diminum beberapa saat setelah makan malam tapi usahakan jangan terlalu kenyang. Atau bisa juga diminum menjelang tidur, resikonya adalah anda akan terbangun tengah malam langsung pengen kebelakang J

FYI harga serai di pasaran sangat murah, jika anda membeli di pasar tradisional, serai seharga Rp. 2.000 bisa anda gunakan untuk 3 kali penyajian. Usahakan pilih serai yang agak gemuk agar lebih banyak sari serai yang dihasilkan.

Cara menyimpan serai di kulkas, masukkan saja kedalam plastic dan simpan di bagian sayur. Simple kan?

Silakan bagi pengalaman anda di kolom komentar.

Selamat mencoba

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *